Pak Roi,
Baik sekali niat bapak mendidik anak yatim agar punya
keterampilan yang bisa menghidupinya di masa depan.
Kebetulan saya tidak tinggal di jakarta, jadi untuk
yayasan yang mengajar saya tidak tahu.

Umur bayi saat diserahkan ke baby sitter tergantung
dari kapan ibu mulai masuk kerja kembali. Biasanya di
kantor-kantor cuti melahirkan adalah 3 bulan (saya
pikir ini kurang konsisten dengan anjuran menyusui
bayi secara eksklusif selama 4 bulan, seharusnya
cutinya 4 bulan juga). Minimal 2-3 minggu sebelum ibu
masuk kantor, anak sudah mulai dilatih dipegang oleh
baby sitternya, sehingga ada masa transisi dan kita
juga bisa menilai bagaimana perlakuan baby sitter ke
anak.
Malah ada yang menyewa baby sitter sesaat sebelum
melahirkan, sehingga saat proses kelahiran baby sitter
bisa ikut serta, hal ini lebih kurang akan berdampak
positif bagi ikatan bayi dan baby sitternya.

Sebenarnya kalau kita punya cukup pengetahuan (dan ini
bisa dicari di internet dengan mudah, misalnya
bagaimana memandikan bayi, merebus botol, membuat tim,
mengasuh saat anak sakit, dll), calon baby sitter
tidak perlu dikursuskan di lembaga pendidikan, justru
dengan melatih sendiri kita bisa mendapatkan cara dan
pola asuh yang sesuai dengan keinginan kita.

Saya pernah lihat buku panduan pelatihan baby sitter
say dahulu, rasanya banyak yang sudah perlu di up date
sesuai dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan
saat ini, karena itu saat dia mulai kerja saya latih
lagi dari awal sesuai dengan yang saya inginkan.

Tentu saja hal di atas memerlukan waktu dan tenaga,
sehingga kalau kita tidak punya waktu cukup,
menyerahkan ybs ke lembaga pendidikan bisa jadi
alternatif, lebih baik lagi kalau yayasan tersebut mau
menerima masukan dari kita sebagai tambahan materi
pelajaran agar lebih sesuai dengan keinginan.

Mamanya Dafi