Jonathan 2 tahun 9 bulan dulu juga makannya susah
minta ampun ditambah engga doyan susu (mulai susah
sejak umur 1.5 taon). Saya juga kuatir dia itu
cacingan, ternyata engga tuh, udah dikasih obat
cacing.

Udah dikasih segala macam vitamin dari yang murah
sampe yang mahal, dari yang lokal sampe yang impor,
tetep aja makannya susah.

Eh tau-tau waktu umurnya 2 taon, dia mulai gampang tuh
makannya. Sekarang sih boleh dibilang gampang banget
dan jadi doyan susu tuh (padahal sejak lahir dia engga
suka susu).

Saya ceritain sama dsa nya. Kesimpulan dsa nya, anak
saya 'stress' karena mo' punya adik. Kayak bener tuh.
Saya mulai hamil waktu umur John 1,5 taon. Kebetulan
juga dia harus berpisah sama susternya yang ngasuh
sejak kecil.

Setelah saya melahirkan (umurnya 2 taon 2 bl), mungkin
John merasakan bahwa adiknya sama sekali bukan
ancaman. Perhatian untuk dia juga engga berkurang.
Lalu mungkin perasaan dan emosinya jadi stabil dan
tenang. Kebetulan juga susternya ganti dengan yang
sabar dan ramah. Yah...perlahan-lahan pola makannya
membaik. Dalam tempo 7 bulan ini John naik 3,5 kg
loh...padahal pake sakit berat (diopname 7 hari dan
sempet turun 2 kg).

Jadi kayaknya emang betul bahwa pola makan anak sangat
berkaitan dengan emosionalnya. Mungkin Mbak Dini bisa
mengamat-amati kira-kira apa yang mungkin menjadi
ganjalan di hati anaknya Mbak.

Aduh sorry nih kepanjangan...

Oh ya btw...John sekarang minum vitamin apyalis kalo
lagi susah makan, biasanya 2 kali minum nafsu makannya
udah baik lagi...dan vitaminya langsung di stop.

Stella