Pak Ibnu Qosim,
prihatin sekali mendengar bahwa Bapak disambar kendaraan lain di bahu jalan...
Semoga sudah pulih betul ya Pak.
Kadang2 memang musibah terjadi bukan karena keteledoran kita, tapi karena
keteledoran orang lain thp. kita...
Untuk mengantisipasi keteledoran orang lain ini, sekedar saran buat pemakai
jalan, kalau terpaksa berhenti mengganti ban, jangan lupa utk. mendirikan
segitiga pengaman dalam jarak yg. cukup (setahu saya memang ada jarak
tertentu, 4m atau berapa, ya..?) di belakang kendaraan ; jadi bukan persis
dibelakang kendaraan. Saya sering lihat orang mendirikan segitiga pengaman
persis di belakang bemper mobilnya. Sudah akan terlambat bagi pengendara yg.
ngelamun, utk. menghindar dari tubrukan... Karena tujuannya adalah utk.
memberi peringatan bagi pemakai yg. lain (apalagi yg. ngelamun), bahwa di
dekat situ sedang ada mobil mogok / sedang diperbaiki , yg. lain harap
minggir.
Apalagi kita semua tahu, di Jakarta ini pengemudinya banyak yg. brengsek
(sorry), sudah tahu bahu jalan utk. darurat, masih juga dipake buat nyalip
kendaraan dari kiri... Sehingga pernah satu kejadian di tol jagorawi, karena
bahu jalan penuh pada suatu kecelakaan, ambulans terlambat datangnya karena
terjebak macet di bahu jalan hingga 1/2 jam !!! Bayangkan kalo itu kita yg.
sedang butuh ambulans...

Salam,
rien.