From:   I Gede S. Aryana [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Friday, May 04, 2001 8:11 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        RE: [balita-anda] benjolan/kelenjar di belakang leher

Saya mau urun pengalaman juga.

Anak saya juga mendapatkan diagnosa yg sama, hanya kali ini dokter umum di
dekat rumah saya mengatakan, krn berat badan anak saya kurang dari yg
semestinya, dengan rumus 2n + 8 (n = umur), kalau salah tolong diperbaiki,
jadi hasil test mantuk hampir pasti positif yg bisa saja merupakan pertanda
salah untuk TBC.
Acuan yg paling jelas, katanya, adalah LED yg di atas nilai normal.
Sedangkan untuk pembengkakan kelenjar getah bening di belakang leher, bisa
jadi krn infeksi di organ lain (kebetulan anak saya waktu itu radang
tenggorokan).
Sebaiknya radang tenggorokan ini disembuhkan dulu, sehingga jelas tidak ada
sumber infeksi lain selain TBC.

Semoga dapat membantu.