Hallo Papanya Icha,

Menurut saya Icha belum terbiasa dengan nenen mamahnya. Saya juga pernah
mengalami hal yang sama, sewaktu anak saya belum 1 bulan, sebentar sekali
bahkan susah sekali nenen. Tapi karena saya niat sekali memberikan ASI, saya
tetap mengusahakan memberinya ASI. Karena susah dengan (maaf) nenen
langsung, saya memerasnya dan memakai botol, tapi itupun terkadang tidak
mau, kalau begini saya membantunya dengan sendok. Karena kalau tidak begini
BB anak saya tidak akan naik. Kalau anak saya mau minum ASI melalui botol,
disaat anak saya sedot, kadang saya ganti dengan nenen langsung (biasanya
akan tetap menyedot/nenen, tapi kalau anak saya sadar, biasanya kembali
tidak mau nenen). Lucu sekali memang kondisinya saya memberinya susu dengan
botol dan nenen langsung berbarengan. Tetapi setiap kali akan memberikan
susu saya selalu tetap membiasakan nenen langsung lebih dulu. Sekarang anak
saya sudah terbiasa dengan nenen langsung. Moga-moga Icha tidak lama lagi
terbiasa minum ASI. Salam untuk mamanya Icha, dan yang penting harus sabar.

MamahRyuta