From:   Quinike N. Sukirwan [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Tuesday, May 22, 2001 2:36 AM
To:     Balita Anda
Cc:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        RE: [balita-anda] Jamu cekok bermanfaat?

Bp/Ibu Febry,
rasanya yg Anda pikirkan sdh betul tuh...
kalau anak dicekokin, dia jadi trauma lho... akibatnya ya malah dia akan
menolak makan makanan yg betul. Pengaruh psikisnya gede lho dg cara
pencekokan spt itu. Itu dr segi psikologi.

Kalau dr sisi kesehatan, ya apa iya jamunya itu bersih, dibuat dg air
matang, disaring pakai kain bersih betul? Apa ya iya tangannya simbok jamu
sdh bersih? Kan dia terima uang, nggendong bakulnya, pegang selendangnya?

Setahu saya, jamu yg diberikan itu adalah jamu temulawak, yg mmg terkenal
untuk meningkatkan nafsu makan. Kalau mau, boleh coba Curcuma plus, obat
ini isinya temulawak plus bbrp vit B. Sama-sama temulawak kan... tp ndak
perlu ngoyo "merkosa" si anak [taruhan deh, pasti anaknya meronta2 wkt
dicekokin!]. Untuk anak 2.5 th, pemberian vit itu cuman sehari sekali 1
sdt.
Moga-moga kalau dikasih vitamin ini, si kecil makannya banyak lagi!

best regards,
Quinike

From: Febrian Suroto
Subject: Date: Mon, 21 May 2001 04:59:29 -0700
Dear all,

Anak saya berusia 2,5 tahun dan agak sulit makan. Mertua saya menganjurkan
diberikan jamu cekok-an untuk menambah nafsu makannya. Pemberian jamu ini
sudah dilakukan selama lebih kurang 4 minggu (2 kali seminggu)dan
dilakukan langsung oleh "si mbak" pedagang jamu keliling dengan caranya
sendiri (memasukkan ramuan yang sudah diberi air hangat ke dalam kain dan
memerasnya ke dalam mulut anak dengan posisi anak dipegangi terlentang).

Bagaimana menurut anda dipandang dari sudut kesehatan atau faedah yang
didapat dari pemberian jamu tersebut, karena saya khawatir lambung anak
Balita belum bisa menerima ramuan jamu tersebut ditambah lagi cara
pemberiannya (yang menurut saya kasar) khawatir akan berpengaruh secara
kejiwaan dan malah membuat anak tambah malas makan.

Apakah ada diantara rekan-rekan yang juga melakukan hal yang sama terhadap

putra/putrinya ? Dan bagaimana hasilnya.
Atas bantuannya diucapkan terima kasih.

Febry