Ikutan cerita nih....
Anakku pertama kali potong rambut umur 22 bulan.
Saya ngga' bawa ke salon, wong dia suka takut klu ketemu orang baru...
Jadinya ya, coba2 saja potong sendiri di rumah. Waduh, muter sana muter
sini, ngga' bisa diam. Jadinya bapaknya ta'suruh ngajak main dia dr depan,
saya potong dr belakang.
Nah, yg lucu minggu ygl. Saya kan cukurin rambut bapaknya, Alexandra cuman
bengong ngeliatin. Dia tunggu duduk di sofa. Setelah bapaknya selesai
cukur, eeh.... tahu2 gantian Alex yg duduk di kursi. Dia bilang : Mama,
potong rambut Alex. He..he... rupanya dia pengen juga dicukur.
Ya, udah, untuk kedua kalinya, saya cukur [potong rambut] dia. Tapi
herannya kali ini dia ngga' banyak polah kya' yg pertama dulu, 'kali dia
lihat bapaknya diem wkt cukur, jadi dia rada ngeh sekarang.

> - Apakah ini memang umum untuk anak usia 19 bln,  hanya ingin dekat
> dengan orang2 yang dikenalnya ?
Mungkin separation anxiety-nya masih ada....
tiap anak kan beda2. Anak saya pun meski udah lebih 2 th, masih suka
'malu' sama orang baru [bukan takut lagi sih...]

> - Ada pengaruhnya 'gak ya dengan perkembangan jiwanya akibat hal tsb
> diatas ?
Yaaa, yg namanya pemaksaan, pasti bikin trauma ya.

> - ada trik khusus untuk memotong rambut sehingga si anak enjoy / tidak
> takut rambutnya dipotong ?
Ajak si anak lihat bapak/ibunya potong rambut dulu.
Atau ajak main ke salon, lihat orang2 lain potong rambut.
Bisa juga mainan di rumah, salon-salonan, cari boneka [untuk anak cewek
lho....] yg rambutnya panjang, show her how to cut hair.
Kasih tahu klu potong rambut itu tdk sakit.
Klu ada tukang cukur/ tukang salon yg bisa diundang ke rumah, mungkin
lebih baik krn si kecil lebih enak dg suasana di rumah.

Segitu dulu deh cerita saya....

salam,
Quinike