Ibu Ratih Andayani dan Dan Pak Andry Arifin,

Saya punya pengalaman lebih serem, anak saya takut
orang, kalau lihat nenek-nenek dia nangis. Kalau
didekati orang nangis setengah mati. Itu dulu waktu
mulai jalan umur setahun. Padahal tadinya tidak
begitu.
Sekarang umur tiga tahun. Tapi dia penakut bukan main.
Dulu takut orang sekarang takut segala macam. Kalau
siang nggondel di pantat saya, kalau malam harus tidur
dipelukan saya, kadang malam tidak tidur matanya
jelalatan kemana-mana dengan  muka ketakutan. Kalau
sore dari luar mau masuk rumah dia teriak teriak
takut. Tapi kalau dari dalam keluar tidak apa-apa. Dia
takut segala macam binatang, mulai nyamuk, semut,
lalat, cicak, coro, sampai kucing dan anjing. Dengan
orang baru dikenal takut. Kalau di ajak ke kebon
binatang takut setengah mati. Dibawa ke gereja takut,
minta keluar dan pulang.

Anak ini sebetulnya lucu sekali, temannya banyak, dan
nakal betul, tapi kok penakut betul ya?

Barangkali ada psikolog yang bisa memberikan saran
pada saya.Apakah anak saya normal?

Terima kasih banyak.

Sari Puspita, mamanya Ratih.