mba wiydia,

emang ada masanya buat anak yg udah ngerti kalo kita tinggal pergi kerja.
Novena juga sempet spt itu wkt umurnya 1 s/d 1,5thn. saya juga ngumpet2
kalo pergi. tp ibu saya & beberapa rekan kantor malah ngelarang. justru
kita hrs pergi didepan mata dia sambil dikasi penegrtian bhw ibu/mama,
bapak/papa hrs kerja, buat beli susu/buku cerita/baju. nanti sore kan bisa
ketemu & main2 lagi. saya ikutin sih saran itu. sblm tidur malem sering
saya ingetin anak saya, besok kalo ibu kerja, novena jgn nangis ya? saya
rayu, bla bla deh. pas mandiin dia juga saya ingetin lagi kalo saya
mo'brangkat kerja, noven jgn nangis. sempet juga matanya berkaca-kaca pas
saya brangkat tp saya rayu2 thrus dia ikut nganter meskipun cuman sampe dpn
gerbang komplek pulangnya naik becak deh...keliatanya oke tuh. sekarang dia
udah 2,5thn & udah ngga nangis lagi kalo saya a/ bapaknya mau kerja.
gantian adiknya nih kalo udah ngerti pasti pake acara nangis juga...

jangan pergi diem2 aja mba...kasian malah nanti dianya nyariin bisa rewel
seharian lho...kan ngerasa kehilangan tuh.

salam u/sikecil,

esti-Ibunya Novena & Nadia