From: The Learning Journey - Indonesia [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 12 Juni 2001 7:40
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] belajar membaca

Kalau pengalaman saya dengan anak saya sih tidak pernah
mengajarkan membaca dengan cara mengeja seperti jaman
dulu waktu kita masih kecil belajar membaca.
Yang saya lakukan bersama dengan suami dan juga BSnya
adalah langsung membacakan kata per kata sambil telunjuk
kita menunjuk pada kata yang kita baca tersebut.
Itu pun saya lakukan untuk membaca buku yang berbahasa
inggris. Alhasil sungguh mengejutkan sekali buat kami, anak
saya sudah dapat membaca dengan lancar bahkan sampai
pada kata-kata yang mengandung awalan dan akhiran.
Kami terkejut karena sesungguhnya pada saat kami melakukan
kegiatan membaca tersebut tidak dengan maksud mengajarkan
membaca tapi sekedar membacakan buku cerita.
Akhirnya saya berkesimpulan bahwa mengajarkan anak untuk
membaca jangan mengeja tapi langsung saja membacakan
kata per kata selain itu juga JANGAN MEMAKSAKAN
anak untuk belajar membaca tapi jadikan sebuah PERMAINAN
untuk anak sehingga anak menyukai membaca.
Oh yach.. saya dan suami melakukan itu setiap hari khususnya
pada saat kami akan menemani tidur anak-anak. PERAN orangtua
menjadi sangat penting di sini. Semoga sharing ini berguna.

salam,
Meike W
Mobile Phone: 0812.990.9509
Office: 021-526.3920