From: Retno Adriani [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: June 22, 2001 8:38 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Semangka untuk bayi 5 bulan

Dear All Netters,

Qiya sudah sejak usia 4 bulan saya perkenalkan bbrp
jenis buah .. Selama ini dia baru coba jeruk baby, pepaya,
pisang, melon, semangka.
Pisang hanya satu kali karena setelah itu dia keliatannya
susah "pup", Melon, pepaya dan jeruk baby nggak ada
masalah.
Kemarin baru dicobakan semangka, dijuice lalu disaring
sebanyak 50 cc.
Tadi pagi ternyata dia pup tanpa (maaf) ngeden, dan
formatnya lebih lembek dari biasanya (tanpa ada
butiran2) .. lalu saya cermati koq ada seperti butiran
merah-merah.  Saya tidak berani ambil kesimpulan itu
darah (mencoba untuk tenang hehehe) .. tapi juga bingung
harus bagaimana.  Memang tidak banyak, tapi karena
pup-nya kuning jadi agak terlihat, dan saya pegang bukan
butiran padat.  Sementara saya minta si Mbak-nya
berhenti dulu kasih semangka, diganti lagi sama jeruk dan
melon.  Ingin saya lihat apa itu efek dari semangka.
PErtanyaan:
1. Apa ada dari netters yang mengalami hal yang sama
setelah si kecil makan semangka ? Dengan kata lain,
apakah memang konsumsi semangka bisa tidak sempurna
dicerna sehingga keluar dalam warna yang relatif sama?
2. Atau karena ada penolakan dari pencernaan sehingga
memang yang saya lihat itu darah.
3.  Langkah apa yang sebaiknya saya lakukan apabila hal
ini terulang (tanpa mengkonsumsi semangka berarti kan
ada masalah dengan pencernaan), dokter apa yang harus
saya hubungi ? Dokter anak atau dokter ahli pencernaan ?
Atau adakah dokter ahli pencernaan anak di MMC atau RS
Bunda ? Atau di tempat lain yang (semoga) praktek Sabtu
besok .

Terima kasih sebelumnya,
Bunda Qiya yang sedang khawatir,

http://www.indokado.com/kueultah.html