Terima kasih atas sarannya,

Tapi apakah nggak berbahaya mangajari anak dengan garpu, padahal koordinasi
anak dalam memegang garpu belum stabil, apakah nanti nggak malah bermasalah
? (misalnya tertusuk garpu), atau ada garpu khusus yang ujungnya nggak
lancip ?, soalnya ujung garpu relatif lancip dibandingkan dengan sendok ,
dan puteranya Ibu Quinike mulai diajari makan sendiri mulai umur berapa ?,
soalnya saya baca di majalah kalau nggak salah tergantung dari si anak itu
sendiri atau tergantung dari kemampuan anak dalam mengkoordinasikan
gerakannya.

Terima kasih

Ayahnya Alifian

                    "Quinike N.

                    Sukirwan"            To:     [EMAIL PROTECTED]

                    <nquinike@yaho       cc:

                    o.com>               Subject:     Re: [balita-anda] males ngunyah

                    07/04/01 12:34

                    AM

                    Please respond

                    to balita-anda

Mbak Nopi dan Pak Aries dan rekan lain,
memang ada masanya anak susah makan.
Waktunya... ngga' tentu juga.
Nah, kalau anak sdh susah makan gini, yg musti mikir banyak ortunya
memang, akal-akalan kita aja.

Untuk anak < 1 th, memang ngga' harus makan makanan padat/kasar,
apalagi kalau minum susunya masih kuat.
Tapi untuk > 1 th, harus makan makanan padat.

Nah, biasanya anak >1th sdh bisa makan macam2 kan,
tdk harus makan nasi kok! Karbohidrat bisa di dpt juga dr roti, pasta,
mie, kentang, dll. Anak2 suka makan mie, bener lho....
Jadi klu anaknya mau makan roti, ya biarin aja lah, ngga' usah dipaksain
makan nasinya. Lalu untuk yg lain2, daging dan sayurnya, bisa aja
diberikan dalam bentuk potongan yg sdh direbus.
Biarkan si anak makan sendiri, klu disuap terus, 'kali bosen juga ya...
anak2 umur segitu kan senang bereksplorasi.

Banyak ortu yg berpikir mengajarkan makan anaknya sendiri, mula2 dg
sendok. Tp rupanya, makan dg sendok lebih susah drpd makan dg garpu.
Pengalaman saya, memberi si kecil makanan yg bisa ditusuk dg garpu lebih
mudah drpd harus menyendok [klu pakai sendok lebih belepotan].
Jadinya ya, saya bikin makanan buat dia yg rebus2an tadi. Saya suka kasih
mentega/margarine spray + garam ditaburin sedikit. Kadang2 just plain.

Moga2... dg dibiarkan dia makan sendiri, menyuap, mengambil makanannya
sendiri, si anak jadi tertarik untuk makan, dan mau mengunyah!

Satu hal : jangan lupa, umur2 segini, giginya juga lagi tumbuh lho...
mungkin gusinya lagi ada yg bengkak, jadi ngga' mau makan/mengunyah.
Untuk kasus ini, ya berikan saja sementara makanan lembek/nasi tim/bubur.

Demikian, semoga bermanfaat!

best regards,
Quinike