oh, pakai garpu khusus anak2 donk... yg ujungnya ngga' runcing, ada
bulet2nya dibagian tepi, jadi ngga' kecocok, dan kaki2 garpunya ngga'
panjang2 spt garpu orang besar.

saya pakai Gerber punya, pegangannya juga karet, jadi ngga' licin.

Lalu soal wktnya, biasanya dimulai sejak si anak bisa duduk sendiri, duduk
tegak di kursi tinggi [highchair]. Jadi ya tergantung juga sama kondisi
anaknya, dan kemampuannya juga. Klu blm bisa duduk tegak, jangan
dipaksakan juga.
Mengajari anak untuk makan sendiri, tdk sll hrs dg peralatan. Untuk usia 6
bulan - 1 tahun, biar saja dia mengambil makanan dg tangannya. Berikan
makanan "finger food".

Anak saya, cewek, mulai bisa duduk sendiri umur 6 bulan, dan finger food
pertama yg saya berikan adalah Cheerioos, ini adalah dry rice cereal yg
berbentuk cincin, dan kalau diemut jadi lembek [melted], jadi anaknya
ngga' akan chocking.

best regards,
Quinike