Bu Atun, Hilly putri saya 2 tahun 1 bulan dulu juga pernah bermasalah makannya. Waktu
umur 5 bulan sampai 1 tahun, makannya lahap sekali, sampe-sampe saya dipuji ibu mertua
lho soalnya cucunya yang paling 'canggih makannya' adalah si Hilly. Tapi setelah dia
mulai jalan..sekitar 1 tahun-an, makannya mulai susah hingga akhirnya puasa makan
sampai ulang tahunnya yang ke-2. Dia sama sekali nggak mau makan, maunya susu aja,
sampe-sampe nutrilon yang 800 gram itu habis kurang dari 4 hari. Waktu itu orang
bilang kebanyakan susu, lalu saya coba nggak kasi' susu waktu dia laper eh makan juga
tetep nggak mau. Kasusnya sama dengan anak ibu. Waktu dia mau menelan, seperti ada
sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, sehingga dia muntah. Saya sampe frustasi lho.
Saya coba macem-macem vitamin, mulai dari kiddi, curcuma, scott's emulsion, seven
seas, bahkan temu ireng. Semua itu hanya bertahan 2-3 hari, sesudah itu nggak mau
lagi. Akhirnya....Saya menyerah....Saya pikir, ahhh biarin aja..yang penting sehat.
Awal juni 2001, Hilly diare dan harus diopname karena udah nggak mau kemasukan
apa-apa. 2 hari dia opname di Puri Cinere. BB-nya turun 3 kg. Pulang dari sana,
makannya lahap sekali. dalam 2 minggu BB-nya kembali normal. Dan sampe sekarang nggak
ada masalah tuh..so udah sebulan. Saya bahkan tidak tahu kenapa sekarang dia lahap dan
dulu sama sekali nggak mau makan. So ada hal yang bisa saya pelajari dari pengalaman
saya ini :
1. Tidak perlu khawatir jika anak nggak mau makan asalkan dia sehat dan kebutuhan
gizinya tercukupi, misalnya dari susu atau Pediasure.
2. Jika makanan dimuntahin, tandanya dia bener-bener nggak mau. Jangan pernah dipaksa,
karena susu yang udah diminumnya nanti malah ikut keluar.
3. Jaga terus agar perutnya tidak kosong, baik dengan susu, agar-agar, buah, keju atau
camilan yang lain, anak saya kebetulan suka tahu-tempe goreng setengah mateng.
Mudah-mudahan membantu deh...sorry kepanjangan. Kalo bu Atun mau lebih detail tentang
apa aja yang sudah saya lakukan untuk membuat anak saya makan, boleh kirim email lewat
Japri aja..

Salam

Ibunya Hilly

Join 18 million Eudora users by signing up for a free Eudora Web-Mail account at
http://www.eudoramail.com