----- Original Message -----
From: "Siti Laras Wulan" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] TOLONG : gigi geraham berlubang

> Rekan netters, anak saya (2 th 2 bulan) gigi gerahamnya saya lihat
> berlubang kiri dan kanannya. Kalau pagi memang dia mau gosok gigi, tapi
> kalau mau tidur kadang mau kadang tidak.

Mbak Laras,
maaf loh... sebaiknya gosok gigi bukan hanya pagi dan malam saja, tapi
setiap kali habis makan.
Kalo saya sih mempraktekkannya utk. tiap kali makan besar (makan
pagi/siang/malam). Utk. makanan di antaranya, buah, snack, susu, biskuit,
dllnya, sehabis makan palingan minum air putih, wajib ! Lalu ada baiknya
juga diberi Vinafluor supaya memberi asupan fluor ke giginya. Fluor ini
berperan dalam mencegah karang gigi dan merawat gigi kita.

Dan saya juga jarang sekali
> memberikan makanan yg manis-manis (paling sebulan 2 kali biskuit coklat
> atau es krim).
Nasi yg. keselip di gigi juga bisa menjadi glukosa loh Mbak, karena ada
enzim di air liur kita yg. mengubah karbohidrat menjadi gula. Jadi penyebab
keropos gigi bukan hanya permen / manis2 saja, tapi bisa juga dari
karbohidrat biasa, spt. roti tawar, nasi, kentang, dll yg. nyempil di gigi.
Sebaiknya memang diperiksakan saja ke drg.

Salam,
Rien.