Dari sejak anak saya lahir, saya selalu membiasakan pijat
bayi (yang sederhana) yang saya pelajari dari buku pijat
bayi - nya Dr. Utami Rusli (kalau tidak salah) setiap akan
mandi pagi dan sore .. Dan juga sedikit gerakan senam
..diiringi lagu anak-anak.  Kelihatannya sih anak saya
menikmati yaa . karena dia selalu tertawa-tawa pada saat
dipijat.  Ini juga saya ajarkan ke baby-sitter saya (dulu)
dan sekarang ke Mbak pengasuhnya .. Jadi sebelum mandi
ya bermain-main dengan pijat bayi.. "perkakas" nya hanya
baby oil ... dan tidak perlu keras 2 .. Hanya pijatan lembut
yang beraturan dari bawah ke atas.
Tapi saya tidak tahu apa ada pengaruhnya ke
nyenyak/tidaknya tidur .  Tapi memang Qiya sejak usia
2.5 bulan sudah tidur semalam suntuk, mulanya dari jam 11
sampai jam 5 .. lama kelamaan makin awal, sekarang dari
jam 9 sampai jam 5 pagi.  Tadinya saya pikir koq anaknya
teman saya ada yang bisa tidur dari jam 7 sampai jam 5
pagi .. tapi setelah dipikir2 ... kalau Qiya tidurnya jam 7,
praktis saya nggak sempet ketemu donk sama anak saya.
Jadi Tuhan memang adil,  saya masih diberi kesempatan
bermain dengan anak saya dan menyusui sepulang kantor.

Ya sekali lagi, tiap anak memang unik ya ...

09:37am >>>
Kalau ibu tinggal di Jakarta Selatan, ibu bisa pijat bayi
sendiri (ada yg
mengajari) di RS. Puri Cinere hari Sabtu. Utk jelasnya
telepon saja 021 -
7545488.

Salam,
Anita