Pa' Yuddy,
Kemungkinan ada unsur kebiasaan, sebab dulu waktu Gabby umur 2 bln-an juga spr itu.
Memang mama saya yg punya kebiasaan setiap menatur maaf .. pup selalu bulang eek ...
eek ..
sambil agak" mengedan walhasil jadilah setiap mau pup, kentut maupun pipis Gaby selalu
mengedan.
Kemudian saya dpt info dari temen kita juga ... (Mamanya Andrew) dimana Catrien pernah
baca pada sebuah majalah atau entah apa .. saya agak lupa yg disitu dikatakan jangan
membiasakan anak spr itu, termasuk juga kalo pipis jangan bilang sshhh... ssshhh....
Akhirnya saya coba pada Gabby dan waktu itu mungkin sudah agak terlambat yach (sekitar
umur 7 bln-an),
tapi sekarang udah ada kemajuan setiap Gabby pipis dan kentut udah nggak mengedan lagi
hanya kadang" aza
(mungkin lupa hi ... hi .. hi...).
Segitu dulu sharing dari saya ...

Rgds, Mamanya Gabby