Hallo Bundanya Sultan, Ibunya Fathiyah

kayaknya kita termasuk ibu-bunda-mama yang beruntung ya, ....puji Tuhan.
Banyak permasalahan yang membuat pusing dan putus asa para ibu dengan para BS/PRT,
terlebih bagi ibu
pekerja.
saya juga tidak pakai BS, PRT saya yang saya sering sebut pengasuhnya Andrew itu
lulusan SMP, 19thn, ikut
saya sejak saya hamil 7 bln.

Hal yang ingin saya sharingkan.
Andrew anak pertama saya, belum punya pengetahuan mengenai cara membesarkan anak '
dengan benar'.
Sehingga saya banyak baca dan diskusi untuk menambah wawasan saya.
Buku/majalah/artikel yang saya punya
dan 'yang tentu yang saya setujui', saya terangkan/ceritakan ke Mbak Santi (nama
pengasuh Andrew) dan
saya minta dia baca sampai mengerti dan tanya kalau belum mengerti. Syukurlah, Mbak
Santi cepat dalam
menyerap apa yang saya berikan.

Setelah Andrew lahir,
sebelum sesuatu hal di buat oleh Mbak, saya melakukan dulu dan Mbak memperhatikan lalu
Mbak akan buat
sendiri dan saya mengawasi. Itu sampai 1.5 bln pertama.
Perlahan" saya mulai memberi keleluasan untuk mengasuh Andrew, termasuk p'an menu
masakan, jadwal
aktivitas (stimulasi"/ permainan") tentu pengawasan tetap berjalan.
Setiap malam, setelah Andew tidur, kami diskusi perkembangan Andrew hari tsb dan
rencana untuk esok hari.

Memang tidak berjalan 100% karena kadang Mbak punya personnal problem, dan itu membuat
Mbak tidak mood
dalam mengasuh terlebih dia masih single.

Ok.... ini pengalaman saya.
Gby, mamanya Andrew.