Pengalaman seperto itu adalah biasa saja pada anak usia batita.
Anak ke-2 saya tahun lalu masuk kelompok bermain juga mengalami
hal yang sama. Bahkan pada saat mau berangkat sekolah pun sudah
tidak mau setelah dibujuk akhirnya mau berangkat juga. Sesampai
di sekolah ngadat lagi tidak mau masuk kelas kecuali ditemani oleh
mbaknya. Kejadian ini dialami sampai 1 bulan.Selama itu kami coba
terus membujuk (jangan memaksa yach...) dengan cara mbaknya
ngintip di luar kelas sehingga tetap kelihatan. Awalnya bisa bertahan
di dalam kelas 5 menit, 10 menit, 15 menit sampai akhirnya genap
1 bulan penuh anak saya baru mau dilepas di dalam kelas sendiri.
Tentunya hal itu bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan gurunya.

Hari ini saya juga mengantarkan anak saya yang pertama masuk 1 SD.
Ada temannya di kelas yang menangis sangat keras karena takut
ditinggal sendiri oleh ibunya. Jadi.... tidak perlu khawatir dengan
'kemalasan' anak untuk masuk sekolah itu adalah hal yang wajar
dan kita sebagai ortu cukup membujuk dan terus mengarahkan dan
memberi pengertian mengapa dia harus sekolah....

salam,
Meike W
Mobile Phone: 0812.990.9509
Office: 021-526.3920