[EMAIL PROTECTED] wrote:

> berumur 4 bulan dengan bb 8.3 kg dan tb 71 cm)
> Saya jadi  bingung gimana caranya agar supaya dia tidak nangis lagi kalo
> diberi makan soalnya dia emang udah waktunya dapat makan bubur kan?.

Dear Mamanya Dzaky,

pemberian makanan padat tidak mutlak harus 4 bulan teng, Bu. Pertama2 yg.
harus diperhatikan, apa memang anaknya sudah siap menerima makanan padat ?
Tandanya spt. : tidak ada lagi refleks menjulurkan lidah kalo diberikan
sesuatu ke lidahnya. Kalo memang belum, tidak apa-apa ditunda dulu beberapa
saat. Toh asi eksklusif juga sekarang di-extend sampai 6 bulan, kan...? Asal,
pemberian makanan padat tidak di atas 6 bulan, karena anak akan lebih susah
menyesuaikannya.
Kalo tidak salah ingat, pemberian bubur susu / biskuit, tidak dianjurkan lewat
dot !
Utk. mempermudah peralihan, coba aja ibu sendokin susu biasa dulu. Lalu kalo
dia sudah terbiasa dgn. penyendokan ke mulut, coba sedikiit bubur susu /
biskuit cair, lihat reaksinya. Jangan dipaksa makan atau harus makan banyak,
karena pada umur segitu, makanan padat bukan utk. memenuhi kebutuhan gizi,
tapi hanya sekedar pengenalan saja. Cukup 1x sehari dalam porsi kecil saja.
Semoga berhasil, ya...

Rien.