From:   A Kustolani N [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Monday, July 23, 2001 11:32 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        Re: [balita-anda] Tanya:Menangis waktu makan

kayaknya demikian bu, trauma.
anak kami juga dulu begitu tapi oleh istri saya diakalin dengan cara
sebelum makan kasih dulu minum air putih atau susu dengan sendok tersebut,
kemudian dibiarkan beberapa saat biar dia dapat membedakan  rasa antara
sendok yang isinya obat dan sendok yang bukan isinya obat.
ibu bisa coba cara ini dan mengulangi lagi pemberian air atau susu dengan
sendok ini kalau ternyata anak/ bayi ibu masih protes/ nangis ibu bisa coba
lagi untuk beberapa saat kemuadian, setelah anak/bayi ibu tidak protes/
nangis lagi ibu bisa kasih dia bubur susu tapi seduhannya agak encer atau
kalau perlu encer juga gak apa-apa yang penting makanan/ bubur susu
tersebut bisa masuk.
tapi kalau soal pemberian makan ini jangan terlalu dipaksakan apabila
ternyata anak ibu tidak mau, hal ini perlu untuk menghindari trauma makan,
biarkan saja kalau anak/ bayi ibu tidak mau makan jangan dipaksakan paling
anak/ bayi ibu minum asinya bakal lama (kalau anak ibu dikasih asi, kalau
yang bukan dikasih asi saya tidak tahu), seperti anak kami (Hasel nafa
Ananda Kustolani) sekarang usianya 6 bulan 23 hari,  makannya masih jelek,
kadang pagi bagus, siang tidak mau dan sore sedikit  atau sebaliknya, kami
tidak pernah memaksanya paling anak kami minum asinya banyak dan lama
sampai ibunya merasa pegal-pegal.
demikian bu dari saya, semoga bermanfaat.

salam

kustolani

http://www.indokado.com/kueultah.html