Mbak Wenny,

Kebetulan saya lagi mengumpulkan beberapa info tentang MMR dari dr. Rudy
Sutadi, saya ambil dari archive email Balita - Anda juga.
Soanya teman2 saya di kantor juga lagi ribut soal MMR. Anak saya sendiri, 20
bulan,  juga tidak saya beri MMR krn saudara sepupunya ada yang autis,
takutnya kalau memang ada faktor keturunan dan MMR pemicunya, anak saya bisa
kena autis. DSA saya, walaupun dia Pro MMR, bisa memahami keputusan saya.
Semoga bermanfaat.

Yth. Ibu Ika Florina,
Vaksin yang mengandung thimerosal (ethyl mercury) adalah DPT, Hepatitis B,
dan HIB. MMR dikaitkan dengan autisme, karena terjadi proses autoimmune,
yaitu terjadi anti-MBP. MBP (Myelin Basic Protein) adalah jaket pada serabut
syaraf. Dengan terjadi anti-MBP ini, terjadi kerusakan MBP sehingga syaraf
di otak tidak lagi dapat berfungsi menghantarkan sinyal-sinyal syaraf.
Ibarat kabel listrik yang terkelupas plastik pembungkusnya, sehingga terjadi
kortsluiting (hubungan pendek). Pada penelitian Vijendra Singh, diketahui
bahwa semakin tinggi titer antibodi terhadap measles, semakin tinggi pula
titer anti-MBP, sehingga semakin luaslah kerusakan yang terjadi di otak.
Penelitian terakhir dari Anne Connoly, terjadi juga anti-brain endothelium.
Yaitu proses autoimmune terhadap pembuluh darah yang terdapat di otak.
Demikian sementara, semoga bermanfaat. Dr. Rudy Sutadi, SpA

Yth. Bapak Herman Santoso (Papanya Hellen),
1. Bila tidak dilakukan vaksinasi/imunisasi terhadap suatu penyakit (apapun)
maka risiko tertular penyakit tersebut meningkat (lebih besar bila dibanding
divaksinasi/imunisasi). 2. Agak sulit menjawab sampai kapan vaksinasi MMR
ditunda pemberiannya, karena ada kasus anak 4 tahun menunjukkan regresi
autistik setelah mendapat vaksin MMR. Prof. Wakefield tidak menganjurkan
penundaan, tetapi pemberian terpisah antara measles tersendiri, mumps
tersendiri, dan rubella tersendiri, dengan waktu yang berlainan. 3. Depkes
dan IDAI mengeluarkan pernyataan, tidak ada kaitan antara vaksin MMR dengan
autisme. Namun pernyataan tersebut terlalu prematur, dan sangat mudah
"dibantai". Demikian sementara, semoga bermanfaat. Dr. Rudy Sutadi, SpA

Yth. Ibu Elida Basaria (Mamanya Arya & Nike),
Di Indonesia, sejauh ini secara legal belum ada vaksin mumps dan rubella
yang terpisah (vaksin measles/campak sudah lama ada). Banyak yang meminta ke
saya untuk mengimpor vaksin tersebut, tetapi saya tolak, kuatir adanya
tuduhan macam-macam (ump. conflic of interest, saingan dagang, dlsb.). Di
Jepang dan Perancis vaksin-vaksin tersebut tersedia di pasaran. Siapa
importir yang berminat? Dr. Rudy Sutadi, SpA

Dian Rahmawati