saya juga punya pengalaman menarik dengan crayon, cat
air, dan stabilo...
sangat membantu saya dalam mengajarkan warna
ini...khususnya warna sekunder...
selain itu saya coba juga mengajarkan warna dengan
mengadakan 'hari warna'...
misalnya....hari ini semua yang ada di rumah memakai
baju merah....
atau menu hari ini penuh nuansa orange atau kuning
atau hijau....
atau hari ini adik main dengan mainan yang warnanya
biru, dst....
seperti netters lain, divariasiin aja bu...misalnya
dibuka dengan hari warna...lalu mulai
membanding-bandingkan, setiap kegiatan di sela-sela
dengan pengenalan warna. dari pengalaman saya
mengenalkan warna nggak harus satu-satu...bisa juga
sedikit-sedikit disela dengan warna lain..
ketika kita mulai sering mengatakan warna, anak saya
mulai tanya 'mobil itu (warna) apa?' dst...dikasih
tahu aja...dan hasilnya, warna pertama yang bisa dia
kenal itu kuning, lalu abu-abu..putih...bukan
warna-warna primer...

selamat berkreasi....

echa

On 05.09.01 at 09:44 Susun Dwiana P wrote:

>Bicara masalah warna, saya jadi pengin sharing juga.
>Sekitar umur 15 bulan Syauqi saya belikan spidol non
toxic isi 24 warna (
>terlihat sekali degradasi warnanya ).  Dia kelihatan
tertarik sekali dan
>sibuk mencorat - coret buku gambarnya + white board
yg ada.  Ketika
>spidolnya habis saya ganti dengan crayon.  Iseng -
iseng lihat di gramedia
>ada cat air non toxic isi 12 warna.  Rupanya dengan
cat air ini minatnya
>besar sekali.
>Tiap hari pasti ada acara gambar pakai cat air.  Dia
sendiri yang menuang
>ke palet, memberi air ( pakai pipet bekas tempra )
dan mengaduknya pakai
>kuas.  Umur 20 bulan ( ketika ' babling'-nya mulai
berkurang ) baru mulai
>menirukan warna yang kita sebut.  Rupanya dulu
walaupun belum bisa
>menirukan dia menangkap apa yang kita sebut.  Umur 21
bulan kemarin ( cuti
>ke Jawa ) dites eyang dan sepupunya bisa menjawab
warna - warna dengan
>tepat bahkan degradasinya ( biru tua - biru muda ).
Mungkin karena warna
>- warna di cat air / spidol terlihat degradasinya.
Untuk warna yg '
>membingungkan' spt nila, merah fanta ditarik ke warna
terdekat jadi oranye
>muda dan pink tua.
>
>mudah - mudahan mbak dian timbul ide, belepotan cat
air nggak apa - apa
>setelah selesai dicuci pakai sabun hilang kok.

saya, melalui media yg ada
boneka2xnya, dan dbuat
pokemon , semua
>badanya