Dear Netters...

Saya ingin sharing pengalaman tentang penyakit HFMD ini, yang kebetulan
menimpa anak saya Taufan, 2 tahun (maaf, agak panjang ya..). Mula-mula
gejala yang timbul yaitu sariawan di mulut, disertai demam/panas. Ketika
saya pulang dari kantor, badannya panas, lalu saya berikan obat penurun
panas. Besok paginya, tanggal 11 September, saya bawa ke DSA, diagnosanya,
sariawan di mulut (di sekitar gusi dan bibir dalam banyak terdapat
bulatan-bulatan putih) lalu diberikan puyer, obat sariawan (kandistatin)
dan vitamin untuk menambah nafsu makan. Saat itu saya belum menyadari bahwa
itu adalah gejala awal dari HFMD, karena saya tidak memperhatikan tangan
dan kakinya. Pas malam harinya  ketika Taufan tidur, saya lihat di telapak
tangan ada bintil-bintil seperti tersundut api/melepuh...astaga, saya
langsung lihat telapak kakinya juga ada bintil-bintil yang sama...Saya
langsung lemas, dan ingat bahwa sepertinya ini adalah penyakit HFMD itu.
Karena hari sudah malam, saya bawa Taufan kembali ke DSA esok harinya,
tanggal 12 September 2001. Ternyata benar, Taufan terkena HFMD, saya panik,
apakah harus dirawat atau tidak, berbahaya atau tidak, menular atau tidak
dlsb...Tapi menurut DSAnya selama anak masih mau makan dan minum, dia tidak
perlu dirawat, cukup diberi antibiotik. Yang berbahaya adalah kalau anak
kekurangan cairan karena tidak mau makan dan minum. Saya pun bingung,
darimana asalnya penyakit itu, karena saya tinggal di Pondok Labu. Menurut
dokter penyebabnya adalah virus, dimana virus itu ada dimana-mana, bisa
dari udara, debu, atau tertular dari orang lain. Alhamdulillah, sehari
kemudian Taufan berangsur sembuh, bintil-bintil di telapak tangan dan kaki
langsung mengering, dan sariawan di mulut juga hilang. Demikian sharing
dari saya, semoga berguna...
Salam...
Ibunya Reza & Taufan