Bagaimana Anda Dapat Membantu
Setiap anggota keluarga, bahkan yang masih kecil, dapat mencari tahu tentang
FMS dan memahami bahwa meskipun penderita FMS tampaknya sehat-sehat saja, ia
mengalami penyakit kronis yang mengakibatkan nyeri dan kelelahan. Komunikasi
yang baik juga vital. Bagian yang penting bagi penderita untuk sukses
menghadapi FMS adalah belajar menghemat energi sambil menuntaskan pekerjaan.
Ini mungkin membutuhkan imajinasi, serta kerja sama dari yang lain. Sekali
lagi, berkonsultasi dengan seorang ahli terapi kerja terbukti sangat
membantu.

Anda dapat membantu seorang teman yang menderita FMS dengan menjadi
pendengar yang tidak bersikap menuduh. Cobalah mengarahkan pembahasan pada
hal-hal yang positif, bukan hanya berbicara soal fibromialgia melulu. Apa
yang hendaknya dikatakan atau tidak dikatakan?
# Apa yang Hendaknya dikatakan
   - Saya senang berjumpa dengan Anda
   - Pasti Anda berupaya keras untuk bisa datang kemari.
   - Saya datang untuk membantu. Saya memperhatikan Anda.
   - Saya menghargai apa yang  Anda sanggup lakukan.
# Apa yang Hendaknya Tidak Dikatakan
   - Saya memahami apa yang sedang Anda alami
   - Anda kelihatannya sehat. Bagaiaman mungkin Anda sakit?
   - Telepon saya kalau Anda butuh sesuatu.

Menyesuaikan Diri Dengan Perubahan
Dalam beberapa kasus, kita cendrung menolak perubahan, khususnya perubahan
yang dipaksakan. Tetapi, seorang ahli terapi fisik yang telah membantu
sekitar seratus penderita FMS memberi tahu kita, "Saya berupaya membuat
mereka memahami bahwa mereka perlu menerima situasinya. Mereka juga perlu
membuat beberapa perubahan dalam kehidupan mereka dan tidak membiarkan diri
sendiri menjadi kecil hati karena kemunduran sementara atau luapan amarah.
Melalui pengelolaan diri, pengetahuan, pemahaman, dan olahraga, mereka dapat
mengendalikan FMS mereka sebaliknya daripada membiarkan itu mengendalikan
mereka."

Meskipun kecenderungannya adalah melakukan lebih banyak pada saat Anda
merasa lebih baik, akan lebih bijaksana untuk menyimpan energi Anda untuk
hari berikutnya sehingga Anda tidak sampai terbaring di tempat tidur
sepanjang sisa minggu itu. Dan berupayalah mempertahankan rasa humor juga.
Hal yang penting adalah belajar hidup menurut keterbatasan Anda, tidak
terlalu protektif, namun tidak sembrono juga.

                                                        *********
SEMOGA BERMANFAAT...!

Salam Sukses

Dede Maulana
I-614832

"Sukses tidak harus berarti banyak UANG.
Menjadi orang BAIK juga itu termasuk SUKSES.
Bergabunglah bersama Distributor Forever Young
minimal anda akan menjadi orang BAIK"