From: Jenny Dethan [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, December 06, 2001 9:01 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Bayi Sungsang

Pak Toto,

Saya juga mengalami hal yang sama sewaktu hamil anak pertama, tapi dengan
nungging & pasang musik klasik, janin saya mau merubah ke posisi yang
benar.
Artikel tentang bayi sungsang pernah dimuat di majalah Ayah Bunda terbitan
2001 antara bulan Januari - Maret (saya lupa persisnya, soalnya cuma
pinjam).  Didalamnya ada foto2 cara menungging yang benar atau juga cara
berbaring terlentang dengan posisi seperti mau sit up dan kaki ditekuk,
telapak kaki menapak di lantai (seperti segitiga), lalu panggul/pantat
diangkat perlahan sampai setinggi-tingginya dengan posisi kepala & bahu
tetap menempel ke lantai/alas & tahan terus posisi tsb selama beberapa
saat/semampunya, kalau capek istirahat dan ulangi lagi.  Posisinya jadi
seperti nungging tapi terbalik.

Untuk memperdengarkan lagu klasik pada janin saya pasang walkman dengan
kedua earphone ditempelkan di bag bawah perut/dekat jalan lahir - di atas
selakangan.  Lagu yang energetic/semangat lebih baik seperti lagu2 Mozart.
 Setiap hari saya coba min. 3 kali selama 10-15 menit sekali pasang.

Teman saya yang posisi janinnya sungsang, malah sudah 8 bulan baru
ketahuan tapi akhirnya berhasil juga dengan terapi musik & nungging tsb.

Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

Mamanya Michelle

http://www.indokado.com/