> saya ibu seorang anak perempuan, umur 33 bln.
> kemaren saya ke dokter, dan katanya, beratnya kurang.
> Kata dokter sih, takut nya dia punya penyakit yg gak
> ketauan... serem khaan... memang anak saya ini susah
> makan, maunya ngemil terus n' minum susunya banyak.
> o ya, anak saya ini, sangat aktif, kelakuannya spt
> anak laki2.. suka lari2, suka manjat, naik sepeda,
> belum lagi, suka ngoceh. Jada apa ini juga
> mempengaruhi berat badannya ya?

wah, jelas iya donk....
klu anaknya aktif kan dg sendirinya energinya juga habis kebakar.
nah, jadi yg buat tumbuh jadi kurang, makanya jadi kurus.
sebetulnya kalau kurus [sebut : langsing], tp tdk dibawah garis normal
ya ga' papa... nah klu sdh dibawah garis normal, atau biasa dibilang
kurang gizi, anak ibu mmg perlu perbaikan gizi.

> so, ada gak yg bisa bantu saya, tolong dong, saya
> butuh saran temen2 semua, gimana caranya biar anak gak
> susah makan and berat badannya bisa normal spt yg
> laen? apa benar kata dokter itu?
Nah, masalahnya si anak suka ngemil dan minum susu tok!
Kalau menurut saya itu yg jadi problem.
Jadi perut si anak kenyang selalu, giliran makan [mean meal], udah ga'
mau lagi! Coba jadwal makannya diatur. Yang dianjurkan sih : 3 kali
mean meal + 2 snack seharinya.
Susunya juga jgn tll banyak, krn susu juga bikin kenyang, pdhl
nutrisinya tdk tll banyak, krn susu kan banyak airnya.

Trus juga jgn berikan snack at least 1 jam sebelum makan.

Umur 33 bulan udah bisa omong dan pilih2 makanan kan?
Coba pertama2 tanya dia mau makan apa, trus buatin aja yg dia mau, dg
begitu dia merasa punya tanggung jawab u/ makan.

Usahakan berikan makanan yg seimbang bla..bla..blaa [4 sehat 5
sempurna]. Tapi u/ mengejar kekurangan gizinya, ada baiknya tanya sama
DSA-nya klu ada nutrisi tambahan yg dia perlu. Atau mgk susunya
sementara diganti Pediasure, tp jgn diberikan u/ mengganti meal
sementara ini. Atau mgk coba Curcuma plus.
Btw, anaknya BB/TB berapa sih?

Okay deh, anyway.... obat nafsu makan sebetulnya adalah akal2an ibunya
aja sih! Bener lho.....

Semoga membantu!

rgds,
Quinike