Sebenarnya kalau usia 2 tahun anak belum memerlukan
teman dalam bermain karena mereka masih sangat
egosentrik, meskipun mereka bersama dengan anak lain
tetapi lebih kepada bermain berdampingan daripada
berinteraksi dan ini normal. Setelah usia 3 tahuna
baru mereka berinteraksi dalam bermain dan pada masa
sekarang anak usia ini biasanya sudah masuk play group
sehingga temannya sudah banyak.

Kalau anak ibu lebih suka main dengan perempuan itu
semata-mata dari segi kenyamanan saja karena anak laki
cenderung agresif dalam bermain sehingga tidak
menyenangkan. Sekali-sekali perlu ada kegiatan bermain
di luar (main sepeda, jogging, ke taman bermain) yang
memungkinkan dia bertemu dengan anak lain di luar
teman sehari-hari.

Karena usianya masih muda saya rasa tidak perlu
terlalu khawatir nanti saat dia masuk sekolah pilihan
bermainnya akan lebih banyak. Lagipula kita tidak
perlu meng kotak-kotak an permainan anak, semakin
banyak dia mengenal 'peran' semakin baik dia
menghandle isu tersebut dimasa depan, jadi jangan
dilarang kalau anak ibu suka main 'masak-masakan'

Mamanya Dafi