Ibu (atau bapak?) Yoke,
sependek pengetahuan saya, menyimpan ASI
di kulkas NGGAK harus pakai botol beling,
boleh pakai botol plastik, bahkan boleh disimpan
langsung dalam plastik makanan biasa.
Nggak ada pengaruhnya thd kandungan ASI
(atau setidaknya saya belum pernah mendengar
tentang hal tersebut)
Yang penting botol/wadah penyimpannya bersih.

ASI bisa bertahan di frezer sampai lebih dari 1 bulan
bahkan bisa sampai 3 bulan apabila suhu dalam
frezer selalu konstan (tidak dibuka-tutup)
Tapi yg saya pernah baca di Nakita,
memang ada zat gizi tertentu yg hilang
apabila ASI disimpan dalam frezer.
Jadi apabila memang akan dikonsumsi esok atau lusa,
ASI tidak perlu disimpan difrezer
dengan catatan ya itu tadi,
botol/wadah penyimpannya harus benar-benar bersih.

Pengalaman saya, sampai anak saya 8 bulan sekarang ini,
saya jarang menyimpan ASI di frezer (bahkan di sabtu-minggu)
kecuali kalau mau libur lebih dari 2 hari.
Alhamdulillah oke-oke aja. Sampai sekarang
si adek tetap lebih menyukai ASI peras daripada susu formula.

begitu sharing saya
semoga bermanfaat,
-sari-