Hallo rekan BA,

Apa ada yang pernah dengar bahwa "pain free labour" ada efek sampingnya. Karena saya
baru mengetahuinya dari majalah Young Parents edisi Februari 2002 bahwa penghilang
rasa sakit berefek samping bagi bayi dan ibu seperti pemakai obat induksi, epidural
dan lokal anestesi.

Dalam majalah itu disebutkan bahwa "local anestesi, termasuk Naropin, mempercepat
cross the placenta dan epidural block dapat menyebabkan berbagai tingkatan keracunan
maternal, fetal dan neonatal, dan pada bayi : involve alterations of the central
nervous system, peripheral vascular tone,and cardiac function. (sory nggak
diterjemahkan takut salah mengartikan).

Ada nggak yang punya pengalaman seperti itu, dalam majalah itu juga dikatakan bahwa
kita jangan mengikuti perintah dokter untuk memakai obat-obatan tersebut kalau memang
yakin untuk dapat melahirkan bebas dari obat-obat tersebut ya jalani saja. Jadi kita
yang minta dokter mengikuti kemauan kita dalam melahirkan bukan sebaliknya, dokter
hanya menjadi mentor disaat melahirkan itu. Bukan kitanya yang didikte dokter untuk
melakukan yang dokter mau.

Padahal waktu saya melahirkan dokter saya minta saya dicesar aja karena kepala bayi
besar dan belum turun tulang panggul padahal sudah saatnya melahirkan, saya sih nurut
aja apa kata dokter.... lagipula saya takut terjadi apa-apa lebih baik lahir segera
dan dirawat diluar daripada didalam perut terus.

Jadi setelah membaca majalah itu saya jadi ragu...apa betul anestesi lokal dan obat
lainnya yang dipakai dapat berakibat negatif dan apa betul dokter cuma mau enaknya
(biar cepat kita diminta ceasar tanpa melihat efek samping)... tolong dong kalau yang
punya pengalaman diminta sharingnya mengenai hal ini.

Thanks