Ibu-ibu,
Yang paling penting adalah pencegahan, kalau sudah
terminum kan susah mau dikeluarkan lagi (kemungkinan
bisa dimuntahkan hanya sesaat setelah tertelan, kalau
sudah agak lama ya sudah terserap oleh tubuh).
Jadi mungkin perlu strategi khusus misalnya :
1. Hanya ibunya yang boleh memberikan obat, atau orang
yang tahu pasti dosisnya.
2. Tempel aturan minum obat di dekat tempat obat,
sehingga kalau ibu tidak ada, pengasuh bisa memberikan
obat sesuai anjuran. Dengan catatan, pengasuhnya bisa
dipercaya.

Biasanya semua obat punya keterangan lengkap di
kemasannya termasuk ciri-ciri kelebihan dosis, untuk
itu saya selalu anjurkan untuk minta kotak/bungkus
obat aslinya saat beli di apotik. Jika setelah minum
ciri-ciri tersebut muncul, tidak ada cara lain selain
membawa secepatnya ke dokter. Yang jelas kelebihan
dosis biasanya berakibat kerusakan pada beberapa organ
terutama hati, namun sejauh mana kerusakannya
ditentukan oleh sering/tidaknya dan jumlah
kelebihannya.

Orang mengatakan bahwa susu bisa menetralisir obat,
mungkin hal ini bisa juga dipakai meskipun tidak boleh
dijadikan pertolongan utama. Selama tidak ada gejala
kelebihan dosis dan tidak sering berulang rasanya
tidak perlu khawatir.

Mamanya Dafi