Anak saya dulu umur 1 tahun 1 bulan udah bisa jalan tapi maunya dipegang
kalo dilepas dia maunya langsung duduk n merangkak.

Trus, kita extra kan waktu kita untuk memacu dia untuk tidak takut, dengan
cara: ajak dia berdiri, kemudian kasih barang atau mainan yang bisa
dipegang oleh kedua tangannya, trus kita lepaskan perlahan-lahan, dan
panggil dia untuk datang pada kita, dia akan tanpa sadar akan jalan sendiri
ke arah kita, dengan selangkah dua langkah. Kita coba terus, sampe dia bisa
melebihi 2-3 langkah, mungkin kita buat daya tarik apa, supaya dia jalan ke
arah kita. lama-lama dia bisa jalan.

atau, saya ada mainan bentuknya anjing-anjingan yang ada rodanya, yang
dipake untuk memacu dia untuk mendorong mainan itu, sehingga ia bisa jalan
sendiri.

Saya coba hal diatas, akhirnya sampe sekarang, dia seneng jalan terus,
kagak mau dipegang.

Mungkin anak bapak sudah bisa ngomong ya, soalnya kata orang, tergantung
dia belajar apa, ngomong dulu baru bisa jalan, atau jalan dulu baru bisa
ngomong.
Semoga anaknya pintar jalan.

Salam,
Merie, mamanya Natasha