Gamelan vs Musik Klasik

Banyak dari kita yg pernah membaca artikel yg mengatakan
bahwa musik klasik sangat baik utk menstimulasi/membantu
perkembangan otak anak balita. Tentunya banyak yg telah
menerapkan hasil penelitian ini.

Kemarin malam saya melihat acara di TV Jepang tentang
sebuah hasil riset yg sangat menarik.

Sebuah lembaga penelitian ttg perkembangan otak mengadakan
riset ttg pengaruh gelombang suara supersonic terhadap
perkembangan otak. Gelombang suara supersonic adalah suara
yg tidak dapat dideteksi/didengar oleh kuping kita tanpa
bantuan alat khusus.

Ternyata gelombang suara supersonic mampu menstimulasi
peningkatan produksi beberapa hormon penting di otak (saya
lupa namanya), yg mana sangat baik utk perkembangan otak.

Yg sangat menarik adalah, ternyata GAMELAN (Jawa dan Bali)
banyak sekali memproduksi gelombang supersonic ini. Sesuatu
yg mungkin tidak pernah diketahui oleh kita yg mempunyai
budaya ini, tetapi justru orang asing yg menelitinya !

Melihat acara itu, saya begitu terkesan dg kehebatan musik
gamelan. Ternyata kita mempunyai sebuah budaya yg
kehebatannya diakui oleh peneliti luar negeri. Tetapi sayangnya
justru semakin ditinggalkan oleh kita sendiri. (Mungkin juga
masih banyak hal lain yg kasusnya seperti gamelan ini).

Artinya, bagi yg tidak suka musik klasik, kita bisa menggunakan
musik gamelan sebagai sarana utk menstimulasi perkembangan
otak anak kita (sekaligus melestarikan budaya kita ?).

Mengenai musik klasik yg baik utk stimulasi perkembangan otak,
yg saya tahu adalah krn nada dan iramanya teratur, sesuai dg
denyut nadi manusia, shg mampu menstimulasi perkembangan
otak dan jiwa kita. (Tolong dikoreksi jika salah.)

Sedangkan gamelan, seperti hasil penelitian diatas, mampu
meningkatkan produksi hormon otak. Jadi, kayaknya secara ilmiah
gamelan lebih terbukti kebenarannya daripada musik klasik.

Bagaimana menurut rekan2 semua ?

Ini saja yg ingin saya sampaikan kepada rekan2 semua.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Taufan Surana
Ingin meningkatkan kecerdasan anak balita anda ?
Kunjungi www.balitacerdas.com
Atau, kirimkan email kosong ke :