From: "Moi Tjin" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, February 28, 2002 9:59 AM
Subject: [balita-anda] Bayi prematur

Dear Netters,

Minta tolong donk advis dari rekan-rekan sekalian perihal anak saya - JOYA.

Joya lahir prematur di minggu ke - 33 dgn berat 1,7 kg dan panjang 42 cm.
Joya sempat dirawat di inkubator selama 4 minggu dan sempat puasa 7 hari
karena ada masalah dengan lambungnya (ada kotoran warna coklat di lambungnya
karena belum sempurnanya lambung - kata dokter). Sekarang Joya udah 2 1/2
bulan dgn berat +/- 3,2 kg. Minggu lalu dia kena kolik dan disarankan
dokternya untuk ganti susu S-26 ke Nutrilon Soya. Sejak itu minumnya jadi
turun (dari 550 cc ke 400 cc). Kata dokternya susu soya emang tidak enak
namun disarankan untuk tetap diberikan dgn sendok. Jadi sekarang ini Joya
tetap minum soya dgn dibantu pipet atau sendok bila dia udah tidak mau
ngenyot botolnya. Namun tetap aja minumnya tidak bisa sekuat waktu minum
S-26. Sekarang ini minumnya sekitar 480 cc - 500 cc. Padahal kalo dikasih
ASI, Joya langsung mau ngenyot botolnya. Sayang ASI saya cuma sedikit -
paling 1 hari 10 cc.

Tolong donk kasih saran apa sebaiknya saya ganti lagi susunya ke S-26 atau
gimana. Joya juga suka sekali ngomong sembari ngenyot botol. Dia juga kadang
suka gumuh walau sudah disendawain dan suka kentut, cegukan dan bangkis.
Koliknya udah berhenti 2 hari ini.

Please advisnya dan terima kasih,
Mamanya JOYA