Ibu Icah, mudah mudahan zidan cepat berdiri dan merangkak yah. Saya cuma mau
sharing (maaf saya bukan ibu sekalian :)).

Menurut pendapat saya, setiap anak itu perkembangannya berbeda. Tidak ada
anak yang sama.

Anak saya Samantha umur 9 bulan 1/2 sampai sekarang belum punya gigi (beda
dengan zidan yah yang sudah punya 6 gigi, pasti lucu sekali). Tapi dia sudah
mulai mengeluarkan kata-kata seperti "emah" (kalau panggil mamanya) "pah"
kalo panggil saya, "adah" kalau mau pergi (dadah begitu). Lalu dia juga suka
sekali berdiri. Hal ini mungkin kebiasaan sejak kecil karena bila saya
bermain dengan dia, saya selalu dalam posisi tidur sehingga dia bisa merayap
naik ke badan saya dan berdiri dengan bertumpu pada tubuh saya.

Saran saya, jangan di latih berdiri ibu bila dia memang belum mau bediri.
Menurut orang tua saya bila kita paksakan melatihnya berdiri, kakinya belum
siap sehingga bisa menyebabkan bengkok pada kakinya.

Soal makan, anak saya makannya lumayan banyak, susunya pun lumayan, sekitar
4-5 kali sehari 210 ml. Tapi yang saya heran beratnya tidak naik (mungkin
karena dia anak perempuan ?) sampai sekarang beratnya masih 8kg lebih.

Jadi menurut saya, tiap anak itu unik, Zidan punya kelebihan yang tidak di
miliki anak saya, mungkin dia lebih pintar dalam sesuatu hal, gali atau cari
tahu hal tersebut, asah sampai anak itu bisa menguasainya, niscaya dia akan
beralih ke hal lain yang menarik perhatiannya (seperti berdiri, dll). Anak
saya sekarang ini sedang suka-sukanya untuk berpegangan pada meja (kebetulan
saya punya meja yang rendah) dan mengacak acak barang yang ada di meja
tersebut, saya biarkan sampai dia lelah sendiri asal kita jauhkan barang
barang yang berbahaya.

Mudah mudahan membantu, maaf bila kepanjangan.

Albert papanya Samantha.
PT Astra Graphia Tbk.