Selamat ya pak atas kelahiran si buah hati. Beberapa
hal yang perlu diperhatikan untuk bayi yang beratnya
kurang/kurang bulan antara lain :
1. Lingkungan : dengan berat kurang bayi relatif tidak
tahan dingin sehingga lingkungan harus dibuat cukup
hangat, kalau perlu dipasang lampu tambahan dibagian
bawah tempat tidur bayi agar kehangatannya terjaga.
Bayi kurang berat juga rentan terhadap penyakit,
sehingga kebersihan lingkungan harus dijaga. Hindarkan
dari orang yang sedang sakit. Jangan terlalu banyak
digendong oleh orang lain karena kita tidak tahu
kebersihan/penyakit yang dibawanya (biasanya tamu yang
menjenguk bayi ingin gendong, cium dll, kalau bisa
dihindari deh).
Usahakan memberikan imunisasi lengkap agar terhindar
dari penyakit yang membahayakan.
2. Makanan : sebenarnya treatment nya sama dengan bayi
biasa, hanya kalau bisa diberi ASI lebih sering.
Jangan tergoda untuk cepat-cepat memberi makanan
tambahan karena ingin beratnya naik, sistem
pencernaannya belum kuat.
3. Stimulasi dan perkembangan : berikan stimulasi yang
sesuai dengan usianya agar perkembangannya baik,
tetapi siapkan diri jika perkembangan bayi lebih
lambat dari bayi yang lain karena faktor berat dan
usianya waktu lahir. Pijat bayi cukup membantu tumbuh
kembang bayi dan mempererat hubungan ortu dan anak.
4. Berdoa untuk kesehatannya ibu dan anak.

Mamanya Dafi

--- "Kurniawan, Dedi (IDN)"