Halo ibu,
Selama 5 hari kemarin putri  saya sakit diare dan agak demam/sumeng
(37,2-37,9 dc), berikut pengalaman saya :
Jumat :
serangan pertama setelah makan pagi, tiba-tiba pup dan cair tapi masih
ada bopor (cmiiw) nya. Sampai jam 2 siang, sudah 3 kali pup dan
tiga-tiganya cair, badannya tetep sumeng dan saya inisiatif kasih tempra
drops tapi langsung semuanya dimuntahkan. Setelah itu tidak ada satupun
makanan & susu yg mau di makannya mungkin karena trauma setelah muntah
dan mual. Karena jumat hari libur & dsa juga libur, saya lantas tilpon
ke seluler dsa pertama saya, tapi non aktif & kemudian saya coba lagi ke
dsa ke 2 & ternyata sedang berlibur dg keluarganya tapi dsa ke2 saya
menyarankan agar susu nya di cairkan sedikit dan diberi tambahan obat
diare kaopectate ½ sdt. Tapi ternyata masih belum berhenti juga. Karena
kasihan dan badannya sudah lemes banget akhirnya saya bawa ke ugd di
rspi & oleh dokter ugd diberi tambahan antibiotik septrin, obat diare
nifural, kaopectate diteruskan dan susu diganti bebelac fl.
Sabtu :
Keadaannya membaik, dia sudah mulai turun dari tempat tidur sendiri
meskipun masih sempoyongan dan sudah teriak-teriak lagi, makan & minum
susu juga lumayan. Tapi tetep aja masih diare.
Minggu :
Kali ini lebih parah, sampai jam 02.00 pagi (minggu) dalam keadaan
tidurpun dia bisa pup cair tapi  masih ada bopornya. Hari minggu adalah
puncak nya, pup nya bisa 3 jam sekali dan sangat cair, badannya lemes
dan cuma mau minum airputih. Obat terus saya berikan tapi anehnya
keadaan tidak semakin membaik malah kalau abis minum obat dia tambah
lemes dan pup nya keluar lagi.
Senin :
Pagi nya saya bawa dia ke dsa nya, dr. hari martono di rspi, oleh dokter
hari, putri saya di diagnosa diare akut dan kurang cairan, tapi tidak
sampai harus di infus segala. Kemudian saya diminta memberi kan dia
minum air putih sebanyak-banyaknya dan juga air tteh. Susu bebelac FL di
stop alias tidak minum susu apapun dan makanan nya di ganti dengan bubur
preda, buah nya cuma pisang. Obat yg di resepkan cuma pankreotin untuk
anak-anak & nifural. Sedangkan Antibiotik & kaopectate di stop karena
pada kasus anak saya malah bikin diare & lemes. Saya juga disarankan
untuk tidak  memberikan obat penurun panas seperti tempra drops dsbnya
karena mengakibatkan reaksi keras di pencernaan & mual. Alhamdulillah
setelah makan obat dari dr. hari, diare berkurang banget, badannya
langsung lumayan seger lagi dan nafsu makannya jadi menggila.
Alhamdulillah

Selasa kemarin kondisinya sangat jauh lebih baik. Suhu badannya normal
kembali dan Pup nya cuma sekali tapi memang masih kental cuma tidak
secair hari jumat sampai minggu kemarin. Hari ini dia sudah pup & pup
nya sudah agak padat. Maaf  jadinya kepanjangan, semoga pengalaman saya
ini bisa berguna buat bpk/ibu di BA.

Salam,
Ibunya Zahra