kalau untuk bayi saya kurang tahu ya mbak
kalau untuk orang dewasa sih biasanya yang enggak boleh
itu makanan yang gorengan , keripik2 , kerupuk gitu
trus santan-santan dikurangi
roti-roti yang pakai ragi enggak boleh
makanan dari mie enggak boleh karena susah dicerna
nasi goreng juga dilarang
bakso kalau beli mateng  dan cuka atau saosnya juga enggak
boleh
bukan apa-apa , katanya karena virus tipus itu
yang diserang ususnya, jadi ususnya jadi bolong-bolong kecil
dan rapuh ( ini buat yang udah parah)
jadi sebaiknya nunggu sampai pulih lagi
biasanya untuk orang dewasa sekitar 3 bulan
sedang untuk makanan pedas atau asam sebaiknya setelah 1
tahun
kata dokter dalam masa 3 bulan ini kalau tidak bisa
ngejaganya
bisa kambuh lagi (tergantung dari pola makan dan
istirahatnya)
tahun kemarin pembantuku juga kena tipus
di rs selama 2 minggu, setelah sembuh belum juga 3 bulan
makannya sudah ngawur, siang-siang bukannya makan nasi dulu
malah bikin rujak
udah dilarang sama aku sama dokternya juga
yah namanya juga pembantu, ditinggal ke kantor dan musti
makan
sendiri ya suka-suka dia kalau malas ya enggak makan
akhirnya kumat lagi dan terakhir dia pulang
aku udah takut aja anakku ketularan
alhamdulillah enggak
sepertinya kalau anak kecil kan pencernaannya sedang tumbuh
moga-moga cepat pulihnya

biasanya makannya ya sayur bening sama lauknya yang dikukus
sampai ususnya kuat lagi

gitu dulu mbak

ibunya rosyid dan hilmi