> 1. Bila hasil Mantoux (-) maka tidak ada noda/bercak
> merah pada luka bekas suntikan Mantoux, berarti anak
Ibu tidak mengidap TB.
---

Belum tentu juga mbak, dulu anak saya hasil tes
Mantouxnya negatif - tidak ada bekasnya sama sekali.
Tapi berdasarkan tes lainnya anak saya divonis TBC.
Oleh karena itu untuk memperkuat dugaan adanya TBC
paru, biasanya ada serangkaian tes, kurang lebih
rangkaiannya adalah sb: tes mantoux, rontgen thorax,
tes laju endap darah dan tes dahak. Tidak semua
rangkaian tes ini harus dijalani, dsanya yg akan
memutuskan apakah semuanya harus dijalani atau tidak,
tapi biasanya minimal 2 tes harus dijalani untuk
menegakkan diagnosa.

rgds,
endra