Dear netters,

Sehubungan dengan pertanyaan saya tentang test mantoux kemarin, terima kasih
yang sebesar-besarnya atas tanggapan dari rekan-rekan sekalian (juga buat
tim klinik anakku). Semalam, saya lihat ternyata ada tanda merahnya, tapi
samar sekali. Bahkan tadi pagi tampaknya semakin samar.

Saya tetap berniat untuk membawa anak saya ke dokter. Tapi menurut mertua
dan suami saya (pengalaman mereka dengan salah satu keponakan) tandanya
tidak signifikan, karena dibandingkan dengan keponakan yang terkena TB
sekitar 8 tahun lalu - tandanya sangat besar dan merah sekali. Menurut
mertua saya ini bukan pertanda mantouxnya positif - tapi saya tetap belum
yakin selama belum dikuatkan oleh DSA atau dengan hasil tes yang lain.

Mohon sharingnya, apakah walaupun merahnya samar, tetap merupakan tanda
bahwa hasilnya positif dan bila saya kesulitan 'memaksakan kehendak' untuk
membawa anak saya ke dokter, alasan tak terbantahkan apa yang harus saya
ajukan ya?

Terima kasih, mohon maaf bila terlalu bertele-tele...

Misty A. Maitimoe