Enda,

Saya mau ikutan sharing....sekarang saya juga sedan hamil anak kedua usia
kandungan 18 minggu....waktu usia kehamilan 12 minggu dokter minta check
darah lengkap termasuk HbsAg dan TORCH dan saya lakukan di salah satu rumah
sakit..ternyata dari hasilnya HbsAg
 saya dinyatakan positif dengan kadar cukup tinggi.....(saya lupa tepatnya
berapa.....)
Saya dan suami stress berat...tetapi setelah konsultasi ke dokter, dokter
sempat heran karena pada kehamilan ank pertama...HbsAg saya
negatif,,,sementara penularan virus HbsAg hanyalah dari transfusi darah,
jarum suntik tidak steril dan hub suami istri. Kebetulan suami saya
HbsAgnya negatif malah punya anti yang cukup tinggi.
Akhirnya saya disuruh test ulang....saya test ke lab yang berbeda2...sampai
3 kali....dan ke3 nya hasilnya negatif.....
Kesimpulan dokter hasi test yang pertama adalah salah.....karena 3 yg lain
negatif.

Tetapi sebelum test ulang...saya sempat mendiskusikan ke dokter...kalau
ternyata hasilnya benar2 positif.....apa yg akan terjadi....menurut dokter
adalah.....bayinya tetap bisa tumbuh normal...hanya kemungkinan besar bisa
tertular virus HbsAg dari ibunya...sehingga begitu lahir...harus langsung
disuntik (saya lupa apa namanya) untuk mencegah terjadinya kerusakan hati
pada bayinya...(kalau tidak salah tidak boleh lebih dari 2 X 24 jam setelah
lahir) dan ibunya tidak boleh menyusui....Suntikan tsb harganya mahal
sekali (1 x suntik sekitar 1,5 juta).
Selebihnya bayi akan dipantau secara periodik......dengan Lab test
khususnya pad HbsAgnya.....

Saran saya,....mendingan kakaknya suruh test lagi ke beberapa tempat untuk
meyakinkan hasilnya....karena ternyata ada juga salah hasil Lab (seperti yg
saya alami sendiri). Tetapi kalau memang hasilnya tetap....banyak berdoa
aja....sekarang jaman sudah maju......jadi nggak perlu terlalu dikuatirkan
terjadinya hal2 yg fatal.

Segitu aja sharingnya....maaf kalo kepanjangan......
Mama Caitlin