                From:   [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]]
                Sent:   Tuesday, May 07, 2002 4:23 PM
                To:     [EMAIL PROTECTED]
                Subject:        RE: [balita-anda] Hepatitis kala hamil

                Enda,

                Saya mau ikutan sharing....sekarang saya juga sedan
hamil anak kedua usia
                kandungan 18 minggu....waktu usia kehamilan 12 minggu
dokter minta check
                darah lengkap termasuk HbsAg dan TORCH dan saya lakukan
di salah satu rumah
                sakit..ternyata dari hasilnya HbsAg
                 saya dinyatakan positif dengan kadar cukup
tinggi.....(saya lupa tepatnya
                berapa.....)
                Saya dan suami stress berat...tetapi setelah konsultasi
ke dokter, dokter
                sempat heran karena pada kehamilan ank pertama...HbsAg
saya
                negatif,,,sementara penularan virus HbsAg hanyalah dari
transfusi darah,
                jarum suntik tidak steril dan hub suami istri. Kebetulan
suami saya
                HbsAgnya negatif malah punya anti yang cukup tinggi.
                Akhirnya saya disuruh test ulang....saya test ke lab
yang berbeda2...sampai
                3 kali....dan ke3 nya hasilnya negatif.....
                Kesimpulan dokter hasi test yang pertama adalah
salah.....karena 3 yg lain
                negatif.

                Tetapi sebelum test ulang...saya sempat mendiskusikan ke
dokter...kalau
                ternyata hasilnya benar2 positif.....apa yg akan
terjadi....menurut dokter
                adalah.....bayinya tetap bisa tumbuh normal...hanya
kemungkinan besar bisa
                tertular virus HbsAg dari ibunya...sehingga begitu
lahir...harus langsung
                disuntik (saya lupa apa namanya) untuk mencegah
terjadinya kerusakan hati
                pada bayinya...(kalau tidak salah tidak boleh lebih dari
2 X 24 jam setelah
                lahir) dan ibunya tidak boleh menyusui....Suntikan tsb
harganya mahal
                sekali (1 x suntik sekitar 1,5 juta).
                Selebihnya bayi akan dipantau secara
periodik......dengan Lab test
                khususnya pad HbsAgnya.....

                Saran saya,....mendingan kakaknya suruh test lagi ke
beberapa tempat untuk
                meyakinkan hasilnya....karena ternyata ada juga salah
hasil Lab (seperti yg
                saya alami sendiri). Tetapi kalau memang hasilnya
tetap....banyak berdoa
                aja....sekarang jaman sudah maju......jadi nggak perlu
terlalu dikuatirkan
                terjadinya hal2 yg fatal.

                Segitu aja sharingnya....maaf kalo kepanjangan......
                Mama Caitlin

Klik, http://www.indokado.com/

                Stop berlangganan, e-mail ke: