Mamanya Rafi,

Aku coba sharring ttg Jadwal Imunisasi HIB ( dari tabloid Nakita )
Berdasarkan rekomendasi yg di keluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia
( IDAI ) pemberian Imunisasi HIB ini di lakukan untuk anak usia di bawah 1
thn.
Ada yg 2 kali dan ada yg 3 kali selama 1 thn, dan kemudian diulang kembali
di usia antara 12-15 bulan.
Waktu pemberian yg di rekomendasikan yaitu mulai usia 2 bln. Selang waktunya
dari setiap kali vaksin, paling cepat 1 bln dan paling lama 2 bln.
Anak yg di vaksin berarti di berikan/ di masukan kuman ke dalam tubuhnya.
Kuman ini akan menstimulasi daya tahan tubuhnya untuk membuat zat anti. Nah
ketika zat anti ini mulai menurun lalu di beri vaksin lagi, zat anti dalam
tubuhnya akan naik lagi. Tapi kalau selang waktu pemberiannya terlalu jauh,
maka zat anti akan menurun tsb akan semakin menurun, jika kemudian di vaksin
lagi kenaikan zat anti dalam tubuhnya tidak optimal.
Jangan lupa pula, lakukan imunisasi saat kondisi daya tahan tubuh anak
sedang dalam keadaan baik.

Semoga bermanfaat....

Salam,

~ Mamanya Alvin ~