Ummu Fiya & Nisya,

Bisa dibeli di mana buku2 Mizan ini ?

Dian Rahmawati

-----Original Message-----
From: Wahyu trihandayani [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, June 06, 2002 11:45 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Cerita sejarah nabi

Ass. wr.wb,
Ibu Dewi,

Kalau boleh saya sharing pengalaman untuk bercerita dengan sikecil,
saya memulai bercerita dengan buku Poldy pada saat anak-anak saya berumur 3
bulan.
Caranya dengan terus bercerita di depan dia, entah dia melihat atau ngoceh,
setiap malam.
akhirnya sekarang mereka berdua kalau mau tidur minta selalu cerita.
Pengalaman dulu, saya bacakan Poldy, mereka tertarik dan cepat mengenali
karakter
tetapi seiring dengan umur, Poldy tidak menarik lagi buat mereka.
Anak saya yang umur 4 tahun (karena dulu terbiasa cerita) sekarang ceritanya
tidak mau Poldy
minta buku-buku cerita Inggris yang gambarnya tidak besar-besar.
Sedangkan yang umur 2 tahunan minta cerita yang gambarnya besar-besar dan
tidak mau Poldy lagi.

Jadi menurut hemat saya, Poldy is a good book, starting from Poldy they can
explore everything, and
find what they need for themselves.
Nah, cerita mengenai Nabi dan para sahabat saya mulai perkenalkan dengan
buku cerita kecil-kecil
yang harganya 7800 an dari Mizan yang sedikit halamannya dan bilingual.
Terserah ibu mau bercerita dalam
bahasa atau Inggris. Untuk buku cerita ini karena hanya beberapa lembar
saja, mungkin lebih efektif ibu
ceritakan untuk yang berumur 1 - 2 tahun, karena mereka suka dengan gambar
dan kalau bisa kita juga
mengenal cerita mengenai para nabi dan sahabat, sehingga tidak terpaku pada
buku.

Jika sang anak tertarik, dan suka bercerita menjelang tidur, ibu bisa mulai
membeli buku cerita yang
bisa didudukkan terbitan Mizan mengenai Nabi. Saat ini baru mengenai
Rasulullah dan Nabi Ibrahim.
Biasanya kalau belum mengantuk benar saya duduk mereka tiduran, dan buku
tersebut saya dudukkan
didepan mereka, sehingga mereka melihat gambar, saya membaca dari halaman
belakang.

Ibu juga bisa mulai membeli terbitan Mizan mengenai Sang Nabi idolaku,
lumayan mahal sekitar 1 jutaan
lebih, tetapi hard cover dan bagus gambarnya. Saya belum beli, tetapi saya
sudah lihat contohnya, dan
pada anak saya berumur belum genap 1 tahun saya sudah menceritakan dari
buku-buku tebal seperti itu.
Prinsip saya, jika saya bercerita terus dan saya yakin saya tidak bingung
pada waktu saya bercerita maka
akan menjadi habit pada anak-anak saya untuk senang telling story dan mereka
tidak bingung.
Dan Alhamdulillah terbukti sekarang.

Jadi saran saya jangan gugup dan jangan merasa buku-buku tersebut terlalu
berat (secara materi) untuk
anak-anak, jika mereka tidak tertarik dengan yang gambarnya kurang bisa Ibu
ganti, jika mereka enjoy
silahkan teruskan, karena setiap anak berbeda minatnya.
Boleh juga Ibu beli poster besar-besar bercerita mengenai para Nabi. Di
penerbit Mizan, daerah Warung Buncit.
Kalau saat ini putri Ibu suka Camel di buku Poldy (in the desert), seperti
saya dulu saya suka masukkan informasi
bahwa Camel adalah kendaraan Nabi tercinta kita, siapa ya ? nanti saya
beritahu dan eja nama MUHAMMAD.
Sampai sekarang mereka ingat Camel Poldy ingat itu kendaraan Nabi kita.
simple, but they will get the information.
Dan saya bilang ada gambar orang pakai gamis, that's Arabian, suku Nabi.
Jadi di otak anak-anak saya sekarang,
rumah Nabi di Arab, dengan orang-orang Arab dan kendaraan onta, dan baju
Nabi warnanya putih, mukanya
bersinar.

Semoga bermanfaat sharing saya ini.

Wass. wr.wb,