----- Original Message -----
From: indri rais <[EMAIL PROTECTED]>
To: Mieke <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, June 11, 2002 10:16 AM
Subject: Re: [balita-anda] lahir di vakum mengurangi kecerdasan..?

> saya juga sempat mendengar tentang hal itu Bu, anak saya sendiri juga
divakum saat lahir karena terlalu besar (3,9 kg)tapi kalau saya lihat
pengalaman yang ada, keponakan, anak teman saya, justru mereka mereka lebih
unggul Bu.... ga tahu sih apa kebetulan saja atau memang sebenarnya vakum
tidak berdampak apa-apa.
> Anak-anaknya teman ibu saya (2 org) lahir divakum semua, mereka cerdas,
aktif. Keponakan saya (perempuan) cerewet sekali, sudah hafal huruf latin
dan arab saat usia 4 th dan keponakan saya yang laki-laki sudah bisa
berjalan saat 10 bl.
> Saya lihat anak saya juga cukup aktif dan sudah mulai rambatan saat ini
(9bl).
> Tapi mungkin ada masukan dari rekan-rekan yang lain ?
>

> Indri
> --

bantuan Vakum kecerdasan akan berkurang .
tahun ) waktu lahir dibantu dengan alat vakum.
sih anak saya terlihat baik-baik saja, bahkan usia 11 bulan dia sudah
berjalan.