Halo lagi juga buat Ibu Dini dan rekan2 semua....

Senang saya dg diskusi ini :)

Ada benarnya juga kata Ibu Dini, bahwa metode Shichida BUKAN HANYA mengajar
membaca sejak kecil.
Di dalam Metode Shichida banyak sekali hal2 yg diterapkan seperti
pengembangan EQ dan musikpun ada. Intinya, metode shichida ini ingin
mengembangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak supaya tumbuh secara
seimbang.

Metode shichida lebih menekankan pada pengembangan otak kanan krn hal ini
didasari bahwa begitu anak masuk SD, hanya kemampuan otak kiri terus yg
dituntut di sekolah (tentu saja ada juga pengembangan otak kanan...... kalau
tidak ditulis, saya bisa diprotes nih :), seperti misalnya kompetisi antar
anak utk mendapatkan nilai yg terbaik, dsb., shg kemampuan dan keunikan anak
yg sesungguhnya menjadi tidak berkembang.

Oya... sebelumnya saya ingin buat clear dulu.
Flashcards/dotcards itu pertama kali dikembangkan oleh Glenn Doman yg memang
ditujukan utk mengajar bayi membaca dan matematika, sesuai dg judul2 buku
Glenn Doman ttg hal tsb. Tapi Glenn Doman TIDAK hanya menekankan
penelitiannya pada hal tsb krn dia juga menulis ttg pengembangan fisik anak
supaya tumbuh dg sebaik-baiknya. (Kalau banyak yg bertanya, mengapa anak
perlu bisa membaca sejak dini, jawabannya bisa dilihat di websitenya Glenn
Doman, krn dia juga banyak mendapatkan pertanyaan seperti itu.)
Jadi, maksud saya, jangan sampai jadi salah paham bahwa flashcards/dotcards
itu adalah isi dari metode shichida.
Memang, shichida juga menerapkan flashcards/dotcards sbg SALAH SATU
permainan dalam mengembangkan otak kanan anak, walaupun ada perbedaan
sedikit dg metodenya Glenn Doman dalam menerapkan flascards/dotcards tsb.
Dan yg di Indonesia yg sering diadakan seminarnya itu sepertinya metodenya
Glenn Doman dan BUKAN shichida. (Mungkin teman2 yg dari Tigaraksa bisa
menjelaskannya lebih lanjut ?)

Kembali ke metode shichida, utk mengetahui lebih lengkapnya (utk yg bisa bhs
jepang) silahkan lihat
di www.shichida.co.jp  . Atau ada juga buku2-nya yg diterbitkan dalam bhs
inggris. Saya tahu awalnya
ttg metode shichida ini justru dari teman org USA yg juga menerapkan metode
ini di sekolahnya.
Bukunya a.l.:  "Babies are Genius" , "Nurture your child by recognizing,
praising and loving", Any child can progress!", "Children ability that can
grow more", "How to find genius in your child", "Children can change by the
right brain education - the education to pull out their strong will and
potentials-". Shichida ini juga menjadi guru besar di Newport University.

Ada satu hal yg saya memahaminya berbeda dg pendapat Ibu Dini yg mengatakan
bahwa "kemampuan imaging sangat berkaitan dengan modal dasar (IQ)
seseorang". Dari berbagai info yg saya baca, IQ anak dapat berkembang jauh
lebih tinggi jika ada stimulasi2 dari luar. Dan imaging training itu sangat
berguna utk meningkatkan IQ anak, terutama anak dibawah usia 3 tahun. Tentu
saja juga sangat bermanfaat utk anak diatas usia tsb. Jadi, yg saya pahami
adalah: prosesnya terbalik dg yg disampaikan oleh Ibu Dini. Mungkin
sumbernya lain, jadi isinya juga tidak sama 'kali ya...

Kmd, masalah teknik pernafasan di metode shichida, intinya itu dilakukan utk
membuat anak menjadi rileks, shg otaknya memancarkan gelombang alpha atau
theta, ygmana hal ini sangat penting supaya otak bisa menyerap informasi dg
mudah. Jadi, latihan pernafasan itu biasanya dilakukan sebelum melakukan
permainan, sbg salah satu cara utk membuat anak menjadi rileks.

Satu lagi yg saya agak berbeda pendapat dg Ibu Dini adalah masalah "ambisi"
orgtua. Menurut saya ambisi orgtua mrpk faktor yg penting utk pengembangan
anak, krn tanpa adanya ambisi orgtua, anak tidak akan mendapatkan stimulasi
yg cukup utk perkembangan otaknya. Yg PENTING, dg ambisi orgtua tsb anak
TIDAK menjadi TERTEKAN dalam segala hal yg dilakukannya. Semua anak pada
dasarnya adalah SANGAT CERDAS. Apapun yg diberikan akan diterima dg baik.
Tetapi jika ambisi orgtua tsb diterapkan dg jalan yg salah, dan anak menjadi
tertekan, maka tujuan utamanya justru tidak akan tercapai. Saya kira itu yg
harus selalu kita ingat.

Jadi, saya sih tetap mempunyai ambisi utk memberikan yg terbaik bagi anak2
saya dg cara memberikan stimulasi yg sebanyak-banyaknya selama mereka tetap
senang dalam menerimanya. Apa saja stimulasinya ?  Banyak sekali. Kalau
boleh promosi nih :) .... daftar stimulasi2-nya ada di ebook saya "3 Tahun
Pertama yg Menentukan". Tapi di ebook itu kebanyakan stimulasi peningkatan
EQ 'kali ya....  Masalah flashcards/dotcards ataupun metode shichida/glenn
doman justru tidak disinggung.

Sekian dulu, ditunggu tanggapannya. Sorry kalo terlalu panjang sharingnya...

salam,

Taufan Surana
www.balitacerdas.com