Terima kasih atas semua saran dan masukan yang sangat berarti bagi kami
khususnya Laras.

Bapaknya Laras

                      "Emmy Saftari"

                      <emmy@kemangnet.         To:      <[EMAIL PROTECTED]>

                      com>                     cc:

                                               Subject: RE: [balita-anda] obat2an
untuk traveling
                      06/26/02 12:47

                      PM

                      Please respond

                      to balita-anda

Aduhh, si dede Laras mau liburan sekolah nih..ceritanya... bawain
oleh-oleh ya ?!

Disamping sharenya mbak Indah, kita (ibunya) harus sering2 perhatiin
anak kita....liat dan raba muka/badan...dan sikap tenang kali ya jgn
gugupan, selain siapin semua keleperluannya.

kalau saya 'segala dibawa' deh mbak..., saran saya....(sorry kalo nyebut
merek, bukan sponsor :P ), share saya sbb :

Obat-obat Standart :
Minyak2kan (telon/kayu putih), bedak cair caladin, tempra, vitamin,
hansaplast kompres plester, garamycin, trombocop (spelling ,cmiww),
transfumin baby, obat oles sariawan bayi yang manis...(aduh lupa
namanya, dijual bebas kok di apotik)

Yang enggak standart (dikasih kalo urgent)
Nipe (obat flu), mucopet (batuk), obat diare, obat terakhir dari dokter
(kalo masih kepake)

Cuaca/Iklim :
Perhatikan iklim/cuaca daerah yg akan kita datangi, kalo beda jauh
perhatikan banget pemakaian baju anak kita. Misal nih saya dari Jakarta
ke Bdg, pasti deh 1 jam sbl tiba di mobil anak saya udah diolesin obat
oles sariawan (bibirnya) krn nyampe Bdg keliatan meraah kaya pake
lipstik (kaya mau akan sariawan), terus biang keringetnya ngedadak ilang
(padahal kalo di Jakarta kambuh2 melulu), terus kalo pake baju kalo di
Bdg, dia nggak bisa baju standart kaya di Jkt, harus 2 ato 3 lapis
(karena dingiiinn), dan yg lucu kalo pup (sorry) dia nggak mau
dibersihin pake air dingin, baru ke kamar mandi aja udah nangis krn
dingin, maunya dibersihin pake air anget...., Kalo vitamin, minyak kayu
putih jalan terus....
eh iya kaos kaki juga mbak, jgn sampe lupa nggak pake kaos kaki. Dan
saya biasanya milih kalo pake mobil, jalan di malem/subuh dibanding
siang ato sore...., krn baby saya pasti uring2an...walo AC mobil di
panteng tinggi juga..., dan kalo uring2an nanti jadwal lainnya keganggu
(jam makan dan jam tidur, kalo gini kan berabe ortunya hehehe), kalo
pake jam malem/subuh, dia bobok di mobil pas nyampe pas bangun, jadi
tinggal saya set temperatur kamarnya aja.
Karena kita aja org gede suka cape kalo pergi jauh2, baby saya biasanya
suka dipijit/diurut ke tempat urut. Abis diurut pules banget
tidurnya.... .

Makanan :
Perhatiin posisi meyusuinya, bikin supaya babynya 'enak' , kalo nggak
enak bisa2 muntah (sorry) kasian entar Mamanya.

KMS :
Mbak bawa aja kartu berobat laras (yg untuk imunisasi), jaga-jaga kalo
terpaksa laras harus ke dokter disana.

Tips biar gampang nyari barang ---> biasanya saya disemua bawaan saya
tulisin apa-apa aja isinya...., ditempel. Dgn maksud kalo nyuruh gampang
carinya (maklum dalam kondisi begitu kadang kita kebawa cape, untuk
mengingat sesuatu), jadi mending hemat tenaga dan konsentrasi-in ke si
kecil...., jgn pas si kecil butuh kita, taunya kitanya ketiduran gara2
kecapean....wahhh.

Oke deh, semoga membantu ya mbak, have nice holiday.....

Salam
Emmy