Pak Sutan,
Menyambung saran rekan2 semua, saya dulu juga memakai box bayi dari kayu.
Yach kalau dilihat manfaatnya, nggak terlalu banyak sich menurut saya,
tetapi saya yakin setiap barang diciptakan dan dibuat pasti dengan
pertimbangan manfaat yang ada dari barang tersebut. Anak saya pakai box bayi
s/d umur 7 bulan, karena dia orangnya gesit, dia sering berdiri di box bayi,
jadi saya takut dia keluar dari box bayi. Akhirnya saat usia 7 bulan itu box
bayinya saya tidak pakai lagi, dan dia tidur di spring bed yang jaraknya
tidak terlalu jauh dari lantai yach kurang lebih 10 cm (tinggi kasur spring
bed).

Sedangkan kelebihan dari box bayi (usia 0 s/d 7 bulan) adalah :
1. Tidur pengasuh bayi tidak terganggu
2. Kasurnya kecil, sehingga kalau bayi pipis di kasur, kasur mudah
   dijemur dan diganti dengan kasur kecil lainnya apabila tidak kering
   karena tidak ada sinar matahari.
3. Sprei kasur bayi tidak terlalu membutuhkan tempat jemur yang besar
   dan lebih mudah dicuci karena ukurannya kecil.
3. Bayi tidurnya tidak terusik akibat gerakan orang pada saat bangun
   tidur.
4. Privacy tidak terganggu, apabila ada tamu yang berkunjung untuk
   melihat bayi, dia cukup melihat dari ranjang (box) bayi.

Tetapi usia s/d 7 bulan tersebut di atas tidak bisa dijadikan patokan,
tergantung bayinya, karena anak saya laki-laki dan kebetulan orangnya tidak
bisa diam, yach jadi begitulah usia ranjang bayinya hanya sampai 7 bulan.

Oh yach kalau beli box bayi, kalau bisa yang ada tutup anti nyamuk
(kelambu), itu lho kain tipis berjaring halus yang ada di bagian atas box
bayi. Tidak usah ada, kalau kita bisa menjamin bahwa kamar sang bayi bisa
terbebas dari nyamuk.

Semoga Ibu bisa melahirkan dengan lancar dan anak yang dilahirkan sehat
jasmani dan rohani.

Salam
Lilis