Mbak Nia,
Anak saya (10 bulan) sering sekali panas, beberapa kali dirawat di RS karena panas dan
penyebabnya berbeda-beda.  Yang jelas panas adalah reaksi pertahanan tubuh yang
berarti ada infeksi di dalam.  (waktu itu pernah kena infeksi telinga, infeksi usus,
kena virus, dll). Seperti anak saya, pernah panas hingga 40 derajat lebih diberi
Tempra tidak turun-turun.  Saya sempat panik karena saat itu malam hari jam 24:00.
Saya larikan ke rumah sakit ternyata disana diberi Tempra (paracetamol) juga, tetapi
dengan kombinasi. Bila panas tidak turun s/d 37,5 dalam 4 jam, diberi Proris
(ibuprofen), 4 jam kemudian Tempra, lantas Proris lagi dst.

Pada dasarnya panas tidak akan hilang apabila penyebab infeksinya tidak diobati, jadi
tetap harus diberi antibiotik.
Obat panas hanya untuk pertolongan pertama.  Menurut dokter saya;
- bila panas s/d 38 derajat bisa dipakai Tempra,
- bila melebihi itu harus dikombinasi dengan Proris karena kandungannya yang sedikit
lebih keras.
- bila dalam 24 jam tidak turun juga dengan kombinasi di atas, baru dibawa ke dokter.

Tips :
-  anak yang panas sebaiknya tidak memakai baju yang tebal, tidak digendong/didekap,
karena hal tsb justru meningkatkan suhu badan anak.
- sebaiknya di dalam kamar ber AC
- untuk mencegah agar tidak kejang-kejang, (meskipun sudah diberi obat penurun panas)
sebelum panas mencapai 40 derajat, bisa dilakukan kompres air hangat ke seluruh tubuh
(baju dibuka semua) sambil dikipas-kipas.  panas akan cepat sekali turunnya.
- baru kemudian dibawa ke dokter.

Aku kebetulan bekerja di Bristol Myers Squibb tempat dimana Tempra dibuat.  Tempra
sirup untuk anak di atas 1 th. yang drops untuk dibawah 1 th.

Salam,
Dian P