"Vita Arijanti Dewi" <[EMAIL PROTECTED]> on 07/09/2002 02:01:59 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]

To:   [EMAIL PROTECTED]
cc:    (bcc: Hera C Santi/domino_srv)

Subject:  Re: [balita-anda] air ketuban kurang

  Menurut Dr.Judi Januadi Endjun, Sp.Og dalam rubrik konsultasi ahli Tabloid
Nakita
  (edisi minggu ini),

  Volume cairan ketuban ditentukan oleh kencing janin, aliran darah dari
plasenta ke janin,
  keadaan tali pusat dan selaput ketuban, dan ada tidaknya cacat pada janin
(seperti
  kelainan ginjal dan saluran kemih). Air ketuban berkurang dapat diketahui
dengan
  menghitung indeks cairan amnion (ICA) melaui pemeriksaan USG, nilai normal ICA
10-24 cm
  (metoda Phelan)